Wednesday 1 June 2016

Karangnangka, Binangun, Cilacap, Jawa Tengah

Karangnangka Binangun Cilacap Jawa Tengah

Desa tempat kelahiran Bupati Toto Sugiharso SE



-7.662921, 109.312386




Bupati Toto Sugiharso SE



Karangnangka adalah desa kecil di Kecamatan Binangun, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Merupakan desa dengan luas wilayah paling kecil di Kecamatan Binangun. Karangnangka terdiri dari 2 Rukun Warga (RW) dan 4 Rukun Tetangga (RT). Terbagi dalam 4 dusun kecil biasa disebut 'gerumbul' yang dipisahkan oleh hamparan sawah, yaitu dusun Karangnangka, Condong, Tegalan, dan Serang. Pusat pemerintahan desa terletak di dusun Condong, dimana Balai Desa Karangnangka berada. Sebagai sebuah desa kecil, Karangnangka hanya memiliki 1 (satu) buah sekolah dasar yaitu SDN Karangnangka yang terletak di gerumbul Karangnangka.

Batas-batas wilayah

Barat : Desa Kemojing; Timur : Desa Nusawangkal Kec. Nusawungu; Utara : Desa Kendeng Kec. Nusawungu; Selatan : Desa Pesawahan

Gambaran Umum Desa

Sebagian besar penduduk Desa Karangnangka bermata pencaharian sebagai petani. Banyak juga penduduk Karangnangka yang bermigrasi ke kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Bahkan kaum mudanya banyak yang bekerja sebagai TKI di Malaysia. Seperti umumnya penduduk di Kabupaten Cilacap, bahasa sehari-hari warga Karangnangka adalah bahasa Jawa Banyumasan.



No comments:

Post a Comment